Minggu, 25 September 2011

BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI WRITING

Kegiatan writing (menulis) merupakan salah satu dari empat skill (kemampuan) bahasa inggris yang perlu anda kuasai. Mengenai urutan belajar bahasa inggris yang benar, diantara keempat skill tersebut yang mana pertama kali yang harus dipelajari maka menurut para ahli bahasa listening menjadi priorotas utama. Jika listening anda sudah cukup mapan maka secara otomatis anda akan berusaha untuk berbicara (speaking), reading (membaca), kemudian barulah writing (menulis).

Mungkin anda berpikir bahwa urutan di atas tidak sesuai dengan proses belajar kita selama ini, karena pada umumnya kita belajar bahasa inggris pertama kali melalui writing atau reading. Ya, seperti yang saya alami juga Tips belajar bahasa inggris.Tapi setelah sekian lama belajar bahasa inggris saya mulai menyadari dan merasakan bahwa urutan belajar di atas memang benar juga.

Memang dengan memperbanyak kegiatan listening bahasa inggris kita akan lebih cepat berkembang. Ya, walaupun pada awalnya kegiatan listening itu memang saya rasakan paling sulit di antara 4 skill yang lain. setelah saya coba dan coba ternyata kemampuan speaking saya meningkat. Memang konsepnya sangat sederhana : banyak mendengarkan, sering menjumpai frase, kosa kata atau ekspresi-ekspresi yang sama kemudian meniru dengan menggunakannya dalam aktifitas speaking secara langsung ataupun dalam bentuk writing.

Disinilah yang saya rasakan sejak pertama kali belajar bahasa inggris sampai mengenal listening, saya lebih dominan dan percaya diri meniru dan menggunakan apa yang saya dapat dengan kegiatan writing terlebih dahulu dari pada berbicara secara langsung (speaking). Dengan writing anda lebih leluasa untuk mengotak-atik dan memilih kata yang tepat, penggunaan grammar bahasa inggris sampai menemukan susunan kalimat yang pas.

Dengan terbiasa dalam writing dan menyusun kalimat secara tepat serta beberapa uji coba yang mungkin anda lakukan semisal mempublikasikan tulisan bahasa inggris anda di internet melalui e-zine ataupun blog maka secara otomatis andapun akan lebih percaya diri dan lidahpun akan lebih lues dan gamblang berspeaking. Hal ini tidak lepas dari pengaruh kegiatan writing yang sudah biasa anda lakukan.

Writing secara tidak langsung merupakan kegiatan memorizing (menghafal) karena dalam kegiatan writing itu sendiri kita akan banyak mengulang-ulang bentuk dan kosa kata yang sama. Itu mengapa sering saya singgung bahwa writing menjadi dasar yang baik bagi speaking.

That’s all, soB…Be useful.

Thank you.

0 komentar:

Poskan Komentar

Admin

 
 
Copyright © ENGLISH COURSES
Designs By adsensecepat