Jumat, 23 September 2011

BELAJAR BAHASA INGGRIS BAHASAN KALIMAT TANYA

Hi, guys, nice to be here at this special occasion of Idul Fitri. Minal aidzin walfaidzin.

Posting kali ini merupakan kelanjutan dari artikel yang sebelumnya yang semoga bisa menjadikan spirit bagi soBat sekalian untuk tetap terus belajar mendalami bahasa inggris.



Belajar bahasa inggris kita kali ini mengenai kalimat Tanya.  Ada dua cara pasti dalam membentuk kalimat Tanya : 1)Menempatkan Auxiliary verb (Do/Does termasuk bentuk pastennya) dan To be (is, am, are termasuk bentuk pastennya) di depan kalimat. Kalimat Tanya yang seperti ini biasanya membutuhkan jawaban yang pendek (yes/no question) dan mempunyai arti “Apakah”.

A : Does she go to school every morning ?

B : Yes, she does

X : Do you know about Clara ?

Y : No, I do not atau (I don’t)

A : Did John go to China last week ?

B : Yes, He did

*(Perhatikan yang saya beri warna merah, cara menjawabnya !)

A : Are they in the classroom ?

B : Yes, they are

X : Is she a nurse ?

Y : No, she is not

*(Selain yang saya beri tanda merah, perhatikan juga bahwa Do/Does digunakan hanya jika kalimat Tanya tersebut menggunakan kata kerja operasional (kata kerja yang melakukan tindakan). Jika kalimat tersebut copulative maka to be-lah yang digunakan).



2) Menggunakan Question word (kata Tanya), yang lebih dikenal dengan singkatan 5W 1 H yaitu What (apa); Who (siapa); Where (dimana); When (kapan); Why (mengapa); dan How (bagaimana). Kalimat Tanya yang menggunakan Question word seperti ini biasanya membutuhkan jawaban yang panjang yang berupa description (penjelasan).

A : Why does he work in the farm ? (Question Word + Do/Does + Subject + (operational verb) + …)

B : Because he doesn’t have enough money to have a shop. (Jawaban berupa deskripsi )

X : Where is your uncle ? ((Question Word + To be (Copulative)  + Person/Noun + …)



Y : He is in the garden watering the flowers.

A : What made you angry  ? (What did something make you angry ?)

B : He stole my favorite book.

*(Perhatikan yang saya beri warna biru, rumus umum kalimat Tanya yang menggunakan Question word !)

*(Gunakan “Do” jika subjeknya :  I, You, We, They, termsuk jika disebutkan langsung nama orangnya. Dan gunakan “Does” jika subjeknya :  He, she, it, termasuk jika disebutkan langsung nama orang atau bendanya).

Belajar bahasa inggris pre-bahasan kalimat tanyaWednesday, August 24, 2011 12:49 PMBelajar bahasa inggris pada tingkatan awal akan lebih baik jika kita memahami betul penggunaan beberapa bentuk kalimat dasar antara lain kalimat positif, kalimat negatif, dan kalimat tanya. Dalam bahasa inggris ketiga bentuk kalimat tersebut disebut dengan kalimat sederhana yang bisa kita gunakan sebagai dasar dalam pembentukan kalimat majemuk.



Diantara ketiga bentuk di atas, penggunaan kalimat tanyalah yang terkadang tidak bisa dikuasai dengan baik oleh para pelajar SD, SMP, dan SMA ketika mereka harus menyusun kalimat tanya baik itu dalam kegiatan writing, terlebih dalam speaking :D



Ketika menulis artikel ini, saya jadi berpikir kembali, apakah mungkin pemahaman dan penggunaan bentuk kalimat tanya yang kurang baik dan lancar menjadi salah satu penyebab ketidakaktifan siswa dalam belajar bahasa inggris di suatu kelas.



Memang jika dipikir secara logika, darimana suatu percakapan akan terjadi jika tidak ada kegiatan saling bertanya ? Disinilah maksud saya pribadi untuk menekankan pentingnya penguasaan penggunaan kalimat tanya sejak dini kepada para pelajar yang berminat mempelajari bahasa inggris.



Bentuk kalimat tanya ini akan kita ulas dalam posting berikutnya saja soB. :D.

Bagi soBat yang punya pendapat mengenai opini dalam paragraph ketiga di atas, silahkan tulis aja soB di comment page !



Thank you.


0 komentar:

Poskan Komentar

Admin

 
 
Copyright © ENGLISH COURSES
Designs By adsensecepat